Mengurus Visa Korea Selatan


Jadi ceritanya, waktu persiapan nikahan, gw dan suami sepakat buat backpack pas honeymoon nanti. Tadinya pengeeen banget ke Jepang, tapi apa daya, isu radiasi nuklir pasca gempa dan tsunami masih gencar banget waktu itu. Daripada daripada kan ya, jadilah kita milih negara tetangga, which is South Korea 

Kenapa jadinya Korea?sebenernya bukan Cuma gara-gara efek radiasi, tapi karena kami dapet tiket murah di Air Asia BIG SALEEE  #gakNgiklan. Ga sia-sia mantengin webnya AA, sampe berkali-kali masuk waiting room. Akhirnya dapet juga tiket PP yang lumayan terjangkau, pas 7 bulan sebelum tanggal pernikahan kami 

Urusan visa baru kami mulai sekitar sebulan sebelum keberangkatan. Mepet memang, soalnya kudu nunggu rekening kami menggendut dulu hehehe. Persiapan dokumen yang digunakan untuk pengajuan visa waktu itu antara lain:

1. Foto 4×6 2 lembar (latar putih)

2. Paspor asli & fotokopi (bagian identitas & cap visa)

3. Fotokopi KK (buat jaga-jaga, bawa yang asli waktu apply)

4. Fotokopi Akte

5. Printout Reservasi Tiket

6. Printout konfirmasi penginapan

7. Formulir yang sudah diisi

8. Surat Sponsor bahasa inggris pake cap kantor

9. fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan (bisa minta ke CS buat ngeprint rekening Koran, soalnya di internet banking biasanya maksimum Cuma bisa ngeprint transaksi 1 bulan kebelakang)

10. fotokopi KTP

11. Fotokopi lampiran SPPT terakhir (ini nyusul terakhiran)

12. Duit Rp 270.000,-/visa (harga 2011)

Setelah semua dokumen lengkap, gw dan suami (waktu itu masi calsum ya) datang ke kantor kedutaan Korea di The Plaza di Thamrin. Pas ngajuin, ternyata dokumen kita kurang SPPT. Iya, ternyata ada peraturan baru waktu itu. Untuk pengajuan visa kudu ada fotokopi lampiran laporan SPPT terakhir kita. Jadilah gw dan calsum batal mengajukan visa hari itu, dan akhirnya balik ke kantor masing-masing buat minta lampiran SPPT terakhir. Besoknya baru kita mengajukan visa ulang. Dan setelah berkas diterima, kami dapat tanda terima berkas yang nantinya dipakai untuk mengambil visa (kalo dapet ya) minggu depan.

Bikin visa itu rasanya gambling banget. Kalo kaga dapet, duit tiket kita angus semua huhuhuhu. Seminggu kemudian gw telepon ke kantor kedutaan untuk check status visa kami. Dan ternyata visa kami diapprove!! Yaaiiiyy….Senaaaaaangg 

 

Visa Korea

Visa Korea

Intinya, ngurus visa Korea sendiri ga repot-repot amat kok. Terutama buat yang tinggal di Jakarta yah  Kedutaannya gampang ditemukan juga. Asal dokumen siap semua, insya Allah mulus nan lancar. Selamat mencoba 

 

7 thoughts on “Mengurus Visa Korea Selatan

  1. Haloo..mau tanya..kan ada tuh isian yg menanyakan alasan ke korea apa..kalian tulisnya apa?honeymoon atau vacation?kalo honeymoon nanti dimintain surat akte nikah?pdhal kan blm nikah ya pd saat ajukan visa.please help..bingung.

    • Hi Intan…kami waktu itu nulis holiday aja kok 😀 di kedutaan jg ga ditanya macem2 kok, yang ditanyakan lebih ke kelengkapan dokumen kita 😀

      • Oh bgtu ya..lalu di surat sponsor apakah memang harus disponsori oleh seseorang atau bisa ditanggung sendiri?lalu apakah ada syarat saldo rekening tabungan tertentu?trims

      • Halo Intan,
        Trip saya kemarin ditanggung sendiri, tidak ada sponsor. Namun karena saya karyawan, surat sponsornya saya minta orang HR kantor untuk kasi cap perusahaan supaya lebih meyakinkan. Formatnya kira2 seperti ini:

        =============================================================================
        Dear Sir,
        The undersigned :
        Name : (nama HR)
        Position : HR Supervisor

        Herewith certify that my employee :
        Name : Drew
        Position : (jabatan)

        will be going to South Korea for holiday from 4th until 24th November 2015
        All the expenses during the trip will be furnishing by herself. I will guarantee that she will not seek any employment or permanent stay in your country and will be return to Indonesia after the end of the trip.
        It will be highly appreciated if you could grant her the necessary visa to enter your country.
        Thank you very much for your kind attention and good cooperation.

        =============================================================================

        Kalau tidak melibatkan perusahaan, tinggal diganti aja kata-katanya 😀
        saldo tabungan biasanya ikut jadi acuan diapprove/tidaknya visa kita, tiap negara punya limit minimum rekening untuk masuk ke negaranya. Pastikan saldo tabungan sesuai dengan itinerary kita. Semakin lama tripnya, tentu membutuhkan saldo rekening lebih banyak untuk akomodasi, makan dan transport. Semoga membantu yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s