Membuat SIM Internasional untuk WNI di Jakarta


Pengen gak pas ke luar negeri nyempetin touring nyetir kendaraan sendiri mengunjungi tempat-tempat kemana orang lokal pergi. Tempat-tempat yang biasanya gak ditawarin sama agen travel. Gw sih pengen. Lebih ke pengen ngerasain jadi orang lokalnya sih.

Jadi..Januari lalu, pas ada rencana main ke rumah kakak gw di Kuala Lumpur, gw coba apply SIM Internasional sebelum berangkat. Gaya yaa gw. Emmaaaang

Ga yakin kepake sih sebenernya dan agak iseng buang duit. Tapi pas cari-cari info tentang SIM Internasional ini kok kayanya gampang banget applynya. Jauh lebih gampang daripada membuat SIM Indonesia. Jadi ya, why not?

Buat lo yang tertarik melakukan perjalanan darat dan ingin menyewa kendaraan untuk berkeliling di luar negeri, penting banget punya SIM Internasional ini. Karena SIM internasional biasanya jadi salah satu syarat penyewaan kendaraan di luar negeri untuk para turis. Untuk membuat SIM Internasional, ini dokumen yang perlu disiapkan (based on my experience yah):

  1. KTP Asli dan Fotocopynya.

Walaupun yang diserahin nanti hanya fotokopiannya, yang asli tetap harus dibawa ya.

  1. SIM Indonesia Asli dan Fotocopynya.

Kategori SIM Internasional yang dibuat nanti akan menyesuaikan dokumen SIM yang kita serahkan. Jadi kalau mau membuat SIM untuk mengendarai mobil, ya kita harus bisa menunjukkan SIM A kita yang asli dan menyerahkan copy-an nya.

  1. Paspor asli dan Fotocopy nya.

Lembar paspor yang perlu difotokopi dan diserahkan hanya lembar yang berisi data kenegaraan kita saja. Jadi kalau misal paspor lo penuh cap imigrasi berbagai negara sampe halaman belakang, ga perlu difotokopi semua yaaa. Niscaya akan sangat mubazirrr kertas..

  1. Pas photo ukuran 4×6 berlatar belakang biru sebanyak 3 lembar.

Ada beberapa artikel yang menuliskan ketentuan pakaian di pas photo. Misalnya, laki-laki harus menggunakan dasi, dan perempuan harus menggunakan blazer. Tapi pas gw ke kantor SIM, tidak ada persyaratan seperti itu. Yang diatur hanya ukuran foto dan warna latar belakang. Sementara gw sendiri udah ribet gonta ganti blazer di studio foto, karena susah dapet yang muat

  1. Materai Rp 6000 sebanyak 1 lembar
  2. Uang Rp 250.000,- (ini untuk pembuatan SIM baru yah. Kalau perpanjangan SIM cukup Rp 225.000,-)

 

Syarat pembuatan SIM Internasional

Untuk pembuatan SIM, karena gw tinggal di Depok, tempat terdekat untuk membuat SIM Internasional yang gw tau ada di Korlantas Polri, Jl MT Haryono, Kav 37-38, Jakarta. Jadi gw datang kesana naik KRL dan turun di stasiun Cawang. Dari stasiun cawang, lokasi korlantas ini sudah dekat, bisa ditempuh jalan kaki. Tapi karena gw manjhaa bawa anak, dan udah siang banget, dan banyak ojek mangkal pula disitu, jadi gw pilih naik ojek. Cukup 10rebu sampai ke korlantas, bahkan ojeknya boleh masuk sampe ke depan gedung SIM Internasional. Mungkin karena abang gojeknya udah begaul sama polisi-polisi di gerbang depan yah, cukup dadah dadah doang udah dbukain.

Ruang tunggu di depan mesin antrian

 

Mesin antrian SIM

Masuk gedung SIM, ada mesin untuk ambil antrian. Waktu gw datang kesana, ruangannya sepiii banget. Cuma ada sekitar 2-3 orang yang sedang mengurus SIM. Gw langsung ambil nomor antrian dan duduk di kursi samping mesin. Beberapa orang keluar dari ruang pelayanan SIM Internasional, tapi gw tidak kunjung dipanggil. Akhirnya gw masuk sendiri. Ternyataaaa yaaa… setelah ambil nomor, kita harusnya langsung minta formulir pembuatan SIM untuk diisi. Dan itu tertulis jelas di atas mesin antrian hahahahahh. Setelah dilengkapi, formulir diserahkan ke petugas beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu, baru kita akan dipanggil sesuai antrian untuk rekam data dan proses pembayaran.

Ruang pelayanan SIM Internasional

Prosesnya pembuatannya sendiri terhitung kilat. Katanya sih janjinya cukup 15 menit. Dan ternyata memang secepat ituh loh. Dihitung dari sejak kita dipanggil yah (setelah menyerahkan dokumen). Bukan dari mulai antri. Karena kalau dari mulai antri, dan pake salah dulu kaya gw, ya lebih banget dari 15 menit.

Wujud SIM Internasional gw

SIM Internasional ini berlaku selama 3 tahun. Agak nyesel sih karena Cuma bikin untuk kategori mobil, gak sekalian bikin untuk motor. Padahal lumayan kalau bikin SIM motor juga, bisa buat sewa motor untuk keliling sampe ke gang kecil kan.

Okehhh SIM Internasional redihh. Pake touring kemana aja yaaaa enaknyaaa….

*towel sir husbando*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s